Performance Komputer ---> Manfaat Disk Defragmenter

by 00.27 0 komentar
Disk Defragmenter berfungsi meningkatkan kecepatan data dengan menysun kembali file-file yang telah disimpan pada disk. Mungkin kita pernah salah meng-copy file pada suatu folder/drive, kemudian kita menghapusnya, lalu meng-copy lagi dari folder yang lain dan karena suatu hal, data tersebut harus dipindahkan lagi ke folder semula, atau kita sering menginstall dan meng-uninstall program berulang-ulang. Semua hal tersebut mengakibatkan susunan data menjadi tidak teratur. Fungsi Disk Defragmenter adalah untuk merapikan kembali susunan data yang tidak teratur.

Ketika kita  berhadapan dengan Windows Explorer, data akan terlihat rapi meski sebenarnya data-data tersebut berantakan dan tidak teratur sehingga dibutuhkan Disk Defragmenter untuk menyusun kembali data-data tersebut. Pada Windows 7 ada berbagai peningkatan pada Disk Defragmenter. Selain dapat dujalankan ketika sedang memakai komputer dan dijalankan sesuai jadwal, kita bisa melakukan Disk Defragmenter secara bersamaan terhadap 2 atau lebih disk yang berbeda. Hal tersebut belum dilakukan secara berurutan atau bergantian.


Disk Defragmenter Windows XP

Disk Defragmenter Windows Vista

Disk Defragmenter Windows 7


Kelebihan lain Diks Defragmenter pada Windows 7 adalah tersedianya status proses defrag lebih jelas berupa indikasi persentase proses yang sedang berjalan terhadap keseluruhan proses. Hal tersebut sangat membantu kita untuk mengetahui perkembangan proses defrag. Jika dibanding dengan Windows XP dan Vista , Disk Defragmenter pada Windows 7 lebih mudah dipantau.


Modify Schedule 

Pada menu Configure Schedule terdapat pengeturan penjadwalan untuk mengatur frakuensi proses defrag yang akan dilakukan. Pengaturan jadwal defrag dapat dilakukan untuk setiap hari, setiap minggu, atau per bulan. Selain itu, kita juga dapat mengatur jam proses defrag akan dilakukandan memilih disk/dive yang akan di-defrag.


 Memilih disk/drive yang akan di-defrag

Pada Windows Vista, menu Choose Disk terdapat di menu tersendiri, yaitu Select Volumes. Hal ini menyebabkan Disk Defragmenter pada Windows Vista tidak bisa melakukan defrag terhadap 2 atau lebih disk secara bersamaan, Pada Windows 7, menu tersebut dijadikan satu dalam menu Configure Schedule agar bisa men-defrag 2 atau lebih disk secara bersamaan.

Karena Disk Derfragmenter bisa berjalan di baground (berjalan bersamaan dengan aplikasi lain dalam sebuah komputer), sebaiknya lakukan defrag pada jam kerja (komputer menyala), atau pad jam istirahat agar proses defrag lebih optimal karena tidak sedang digunakan.

Semoga Bermanfaat :)

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar