Mengatasi "Consider Replacing Your Battery"

by 18.16 0 komentar
Beberapa waktu yang lalu tiba-tiba leptop ane mendapat notifikasi yang berisi pesan "consider replacing your battery", waduh ane langsung panik! ane coba telpon temen, eh gag ada yang bisa benerin laptop ane, kalo ane bilang ame orang tua ane, bisa-bisa ane nanti dimarahin... Semenjak itu ane gag mau nunjukin laptop ane ke orang tua ane. Sempet kepikir:

        Apa emang udah waktunya ganti baterai???? :'( oh my God!! Baterai laptop kan harganya mahal bisa nyampe juataan, ane kan gag punya duit sebanyak itu.. uang bulanan ane cuma 100 ribu, waduh brabe ni masalahnya!

Tapi ane gag nyerah ane berusaha nyari informasi lewat Mbah Google, ane cari sana sini dari Garut sampe menteng, nah akhirnya ane dapet informasi bahwa notifikasi "consider replacing your battery" merupakan sebuah aplikasi Windows 7 (gag ada di Windows XP) atau nama lainnya Hipotesa Napetis.Nah Hipotesa Napetis ini berfungsi menditeksi baterai laptop yang kita pakai. dan benar saja, pesan "consider replacing your battery" disebabkan karena adanya bug yang terjadi antara Windows 7 dan BIOS atau dengan sebab lain seperti baterai anda sudah aus alias dah nge-drop.
Tapi tenang saja, ane nemuin beberapa tips (yang semoga saja) ampuh untuk membantu anda mengatasi masalah ini.
Oke tetap tenang, positive thinking!!
Cara pertama mengatasi masalah error:
  • Klik/centang tulisan "Warm me if my battery may need replacement"


Jika cara pertama diatas belum mempan untuk mengatasi masalah pada laptop anda, ane tawarkan cara kedua:
  • Charge baterai anda sampai full (99-100%), setelah itu matikan laptop Anda. sampai tahap ini jangan dulu cabut charger-nya.
  • Hidupkan laptop Anda lalu tekan F8 berkali-kali sampai muncul menu Advancen Boot Option. Lalu pilih Safe Mode.
  • Jika sudah masuk dalam Windows Safe Mode, barulah cabut charger baterai laptop Anda.
  • Biarkan laptop menyala sampai daya baterai habis (mati sendiri). Sangat disarankan untuk tidak mengoperasikan apapun pada laptop Anda selama proses ini.
  • Setelah mati, pasang kembali charger laptop Anda, lalu nyalakan kembali laptop anda dengan normal.
  • Silahkan cek apakah pesan "consider replacing your battery" dan tanda silang merah di icon baterai masih ada ataukah sudah hilang.
Jika masih belum berhasil juga, tenang dulu, jangan gelisah, ane masih punya cara ketiga, berikut langkah-langkanya:
  • Klik kanan pada icon baterai pada system tray Anda (bagian kanan bawah), dan pilih "Turn system icons on or off".
  • Pada jendela berikutnya, matikan "Power" dengan memilih off.
  • Nyalakan kembali icon baterai dengan cara klik kanan pada taskbar dan pilih properties, lalu tab "taskbar" pada bagian notifications pilih Costumize.
  • Pada bagian bawah pilih "Turn system icons on or off" maka icon baterai akan kembali muncul.
Nah kalo cara-cara diatas masih belum mempan juga, jangan kwatir ane masih punya jurus terakhir pamungkas yang diwariskan oleh nenek moyang ane, berikut langkah-langkanya:
  • Klik kanan pada icon baterai pada system tray (bagian kanan bawah), dan pilih "Turn system icons on or off".
  • Pada jendela berikutnya pilih off pada Power.
  • Dijamin tidak akan ada lagi pesan error tersebut, ane berani sumpah.
Dengan kata lain, jika anda mengikuti langkah terakhir ini, berarti Anda benar-benar harus segera mengganti baterai laptop Anda, sebab jika tidak, Anda tidak akan bisa mengetik kalo ada giliran pemadaman listrik. 
Semoga posting ini bisa membantu, dan masalah anda bisa segera terselesaikan.... :')

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar